6 Cara Mencegah Kanker Pada Anak

Banner : 6 Cara Mencegah Kanker Pada Anak, Kemenkes RI, 2016

Berikut adalah 6 cara mencegah kanker pada anak:
  1. Lakukan pola hidup sehat. Latih anak untuk hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran serta melakukan olahraga secara teratur.
  2. Berikan ASI. ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi dan penting untuk kekebalan tubuhnya. Pemberian ASI sangat dianjurkan dilakukan secara eksklusif selama 6 bulan pertama kelahiran dan dilanjutkan hingga 2 tahun.
  3. Jauhkan anak dari asap rokok. Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan, terlebih bagi anak. Anda sebaiknya menjauhkan asap rokok dari anak-anak. Jika dalam keluarga ada yang merokok, beri pengertian untuk tidak merokok di sekitar anak.
  4. Batasi asupan gula dan garam. Hindarkan memberi makan anak dengan makanan siap saji dan jajan sembarangan karena banyak jajanan tersebut mengandung kadar gula dan garam tinggi serta sudah terkontaminasi bakteri.
  5. Hati-hati pestisida. Cuci buah dan sayuran hingga bersih sebelum dikonsumsi maupun dimasak. Buah dan sayuran tersebut tidak jarang mengandung pestisida yang dapat memicu kanker, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.
  6. Jauhkan anak-anak dari polusi asap kendaraan. Polusi asap motor dan mobil bisa menjadi penyebab kanker. Di kota-kota besar, polusi asap kendaraan sulit untuk dihindari. Anda dapat melindungi anak dari bahaya asap kendaraan dengan menggunakan masker saat mengajaknya bepergian.
Demikian 6 cara mencegah kanker pada anak. Semoga bermanfaat. (Sumber: Kementerian Kesehatan RI, 2016)

0 Response to "6 Cara Mencegah Kanker Pada Anak"

Posting Komentar